Kandungan gizi dan manfaat susu

kandungan gizi dan manfaat susu
Kandungan gizi dan manfaat susu – Susu merupakan salah satu jenis makanan yang paling sempurna khasiatnya jika kita lihat dari beberapa sudut pandang yang berbeda, ini tentunya khusus bagi susu yang belum terintimidasi bahan-bahan kimia yang mempunyai efek samping didalam susu tersebut. Para ahli gizi menganggap susu merupakan makanan paling utama karena susu kaya akan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain dari itu susu juga kaya akan karbohidrat, lemak , protein, serta vitamin dan garam mineral yang bermacam-macam. Semua unsur tersebut ada didalam susu dengan formula yang seimbang dan mudah dicerna, sehingga susu yang sudah dicerna didalam lambung tidak meninggalkan sampah diginjal.Ini tentu tidak mengherankan bila susu dijadikan makanan pertama bagi bayi yang lahir kedunia ini. Bahkan untuk beberapa penelitan mengatakan seorang dewasa yang hanya mengkonsumsi susu selama beberapa minggu dapat bertahan hidup tanpa kekurangan gizi.
Kandungan gizi dan manfaat susu, secara umum dapat dibedakan menjadi empat hal yaitu :
  1. Protein yang terdapat didalam susu dapat memberikan asam amino utama kepada seseorang untuk membentuk jaringan tubuh dan membangun sel-sel tubuh yang beragam. Sehingga susu sangat penting bagi pertumbuhan anak, juga untuk orang dewasa pada masa penyembuhan. Protein juga berfungsi untuk menambah stamina dan meningkatkan imunitas tubuh manusia. Asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga dapat diganti dengan asam amino lain yang terdapat didalam tumbuhan-tumbuhan ataun nabati.
  2. Lemak berbentuk cair yang terdapat didalam susu sangat mudah dicerna dan dalam takaran yang mencukupi kebutuhan terdapat kalori, sesuai dengan aktivitas kebutuhan keseharian. Dengan kata lain lemak itu akan benar-benar terbakar dan tidak akan tertimbun didalam tubuh.
  3. Glukosa adalah gula yang mengandung dua unsur yaitu glukosa dan galaktosa. Rasa manis susu 1/6 manis sukrosa, sehingga susu tidak terlalu berbahaya bagi penderita diabetes, karena susu hanya sedikit sekali mengandung galaktosa.
  4. Vitamin Beberapa unsur vitamin yang terdapat didalam susu, diantaranya vitamin A berbentuk cair dan terdapat didalam lemak, vitamin ini adalah vitamin yang sangat penting bagi anak-anak dan remaja untuk pertumbuhannya, karena ia adalah unsur yang paling utama dalam pembentukan selaput jala (retina) pada mata yang disebut rods dan cons, yang ini tentunya berfungsi untuk penyempurnaan fungsi penglihatan. Sehingga Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan, terutama pada malam hari atau dalam istilah lain rabuh ayam (night blindness). Fungsi vitamin A yang lain adalah berperan dalam perawatan kulit dan kesehatan selaput lendir, karena ia adalah benteng pertahanan terhadap serangan virus dan mikroba.
    Selain vitamin A susu juga mengandung vitamin D yaitu unsur utama yang berperan penting didalam tubuh dan berkerja sama dengan meneral serta kalsium, dalam pembentukan jaringan tulang, sehingga susu sangat penting bagi pertumbuhan anak dan bayi yang masih menyusui. Kekurangan vitamin D dan kalsium dapat menghambat pertumbuhan tulang dan mudah terserang penyakit osteomalcia (tulang lunak). Kedua unsur ini harus saling mencukupi , keberadaan salah satu unsur saja tidak dianggap cukup tanpa ada unsur yang lainnya.
Inilah dia beberapa kandungan gizi dan manfaat susu bagi tubuh, bukan hanya untuk anak-anak melainkan juga untuk remaja dan orang dewasa, memang diakui susu itu lebih dominan dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan supaya kebutan akan gizinya akan terpenuhi dan anak menjadi tidak termasuk kekurangan gizi yang jelas dapat membuat pertumbuhannya tidak sempurna, atau mudah terserang penyakit.