-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Kamis, 09 Mei 2013

Khasiat tanaman kaki kuda

Khasiat tanaman kaki kuda
Khasiat tanaman kaki kuda – Kaki kuda (Centella Asiatica, (Linn), Urban) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Umbelliferae, Tanaman kaki kuda jenis tanaman liar yang terdapat hampir diseluruh Indonesia dan menurut beberapa sumber berasal dari Asia Tropik, jenis tamanan ini sangat menyukai tanah yang agak lembab dan cukup mendapatkan sinar Matahari atau teduh, seperti dipadang rumput atau pinggir selokan.
Tanaman kaki kuda memiliki bunga berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa payung, tunggal atau 3-5 bersama-sama keluar dari ketiak daun.
Tanaman kaki kuda selain dimanfaatkan sebagai lalap makan juga dapat kita manfaatkan untuk mengobati beberapa jenis penyakit yang sedang kita derita, khasiat tanaman kaki kuda bahkan sudah dikenal sejak zaman dahulu lagi sebagai obat sakit kepala. Berikut ini adalah beberapa khasiat tanaman kaki kuda, serta cara mengolahnya menjadi tanaman obat, yaitu :
  1. Sakit ayan
    Ambil daun kaki kuda dan daun gula aren yang sudah kering secukupnya, kemudian kedua bahan ramuan tersebut kita tumbuk sampai halus, ambil 1 sendok teh, campur dengan gula aren secukupnya, lalu seduh dengan air panas 1 gelas, lalu saring ambil airnya minum, lalukan terapi tersebut dengan rutin.
  2. Obat busung
    Siapkan bahan ramuan berikut ini :
    Cara mengolah dan mengkonsumsinya : kesemua bahan ramuan tersebut kita cuci sampai bersih, kemudian kita rebus dengan volume air 3 gelas sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi ½ nya, saring ambil airnya, dan minum 3 kali sehari dengan dosis 1 cangkir sekali minum.
  3. Obat influenza
    Ambil satu genggam daun kaki kuda, tumbuk sampai halus, kemudian ambil airnya, tambahkan sedikit garam daput kemudian minum.
  4. Keracunan jengkol
    Ambil daun kaki kuda 10-15 lembar, cuci sampai bersih selanjutnya kita rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 1 ½ gelas, saring ambil airnya lalu minum.
  5. Obat Sakit kepala
    Siapkan satu genggam daun kaki kuda dan jinten seujung sendok teh, kemudian kita rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi ½ gelas, lalu saring ambil airnya. tambahkan 1 sendok madu lalu minum.
Demikianlah beberapa khasiat tanaman kaki kuda, pembahasan admin khasiat daun sirih untuk kesehatan, semoga dengan adanya pembahasan kita ini akan menambah pengetahuan kita akan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Semoga bermanfaat dan sakit yang sedang anda derita akan cepat sembuh. Amin
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!