-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Kamis, 27 Maret 2014

Khasiat dan manfaat daun pegagan

Khasiat dan manfaat daun pegagan - Khasiat daun alami - Daun pegagan Centella asiatica (Linn) adalah termasuk jenis tumbuhan dari keluarga Umbelliferae, dan untuk sebagian orang ada yang mengatakan bahwa daun pegaga adalah tanaman kaki kuda.
Daun pegagan memiliki sifat manis dan sejuk, biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan yang enak, kandungan kimia dari daun pegagan adalah asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam mineral, kalsium, magnesium, kalsium besi, vellarine, dan zat sama, dengan banyaknya kandungan kimia yang terdapat didalam daun pegagan inilah yang menyebabkannya menjadi salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.
Manfaat daun pegagan
Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan cara mengolahnya hingga menjadi obat alami, yaitu :
  1. Obat darah tinggi
    Ambil daun pegagan sebanyak 20 lembar, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya berkuran menjadi 3/4 gelas. Setelah dingin saring ambil airnya lalu minum tiga kali sehari dengan dosis sekali minum 3/4 gelas.
  2. Obat demam
    Siapkan daun pegagan yang masih dalam keadaan segar, tumbuk sampai halus, tumbuk sampai halus tambahkan garam dapur dan air secukupnya, saring ambil airnya lalu minum air ramuan tersebut pagi hari sebelum makan apa-apa
  3. Obat Bisul
    Ambil daun pegagan yang masih segar sebanyak 30 gram, cuci sampai bersih lalu rebus, sampai mendidih angkat saring lalu minum air ramuan tersebut atau anda juga dapat mencoba cara yang kedua yaitu ambil beberapa lembar daun pegagan tumbuk hingga lumat lalu tempelkan pada bagian tubuh yang bisulan.
  4. Obat mimisan
    Siapkan daun pegagan segar 60 gram, cuci sampai bersih lalu rebus dengan air secukupnya, saring ambil airnya lalu minum.
  5. Obat batuk kering
    Siapkan daun pegagan segar segenggam, cuci sampai bersih lalu lumatkan dan tambahkan air secukupnya, saring ambil airnya, tambahkan gula batu satu bongkah kecil, aduk hingga larut lalu minum sekaligus.
  6. Menambah nafsu makan
    Siapkan daun pegagan yang masih segar sebanyak segenggam, cuci sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air hingga airnya berkurang menjadi satu gelas, setelah dingin saring ambil airnya lalu minum sekaligus, lakukan terapi tersebut setiap hari satu gelas.
Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat daun pegagan untuk kesehatan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan "Salam sehat"
NB : Khusus bagi anda yang muslim bacalah Basmallah sebelum anda mengkonsumsi ramuan obat dari daun pegagan diatas.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!