-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Rabu, 10 Desember 2014

Manfaat buah dan sayuran untuk penderita rematik

Manfaat buah dan sayuran untuk penderita rematik - Manfaat daun alami - Buah dan sayuran adalah dua sumber makanan yang sangat penting dalam menu makan kita sehari-hari. Zat gizi dan non-gizi yang terkandung dalam buah dan sayur meliputi vitamin, mineral, serat makanan, klorofil, air, oksigen, dan senyawa organik lainnya. Kekurangan asupan zat gizi dan non gizi menyebabkan kita mudah terserang penyakit.

Buah dan sayuran juga mengandung komponen antioksidan, senyawa ini berfungsi untuk melindungi tubuh
dari kerusakan sel akibat radikal bebas serta molekul oksigen yang tidak setabil sehingga dapat menyerang sel sehat dan mentransformasikan DNA, oleh karena itu sudah lama buah dan sayur dikonsumsi dan diolah secara alami untuk mendapatkan khasiat yang terkandung sebagai terapi penyembuhan penyakit, dan salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit rematik. Baca juga pembahasan yang sebelumnya tentang pentingnya hidup sehat

Berikut ini adalah beberapa kandungan zat gizi dan non-gizi buah dan sayur yang bermanfaat untuk mengatasi rematik, yaitu :
  1. Kalsium
  2. Rematik adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan tulan rawan menipis, oleh sebab itu salah satu cara yang dapat kita ambil untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi makanan tinggi kalsium. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kalsium itu sendiri berfungsi untuk mengisi kepadatan tulang serta bagian integral dari struktur tulang dan sebagai cadangan. Buah dan sayur segar yang mengandung kalsium seperti alvokad, daun pepaya, daun singkong, daun kacang panjang, brokoli, bayam merah, bawang putih, belimbing wuluh, jagung, jamur kuping, sawi tanah, dan takokak.
  3. Antioksidan
  4. Salah satu penyebab timbulnya rematik adalah radikal bebas dan stres. Disini lah antioksidan mempunyai peran, dimana Antioksidan adalah senyawa imunitas yang menjaga tubuh dari serangan penyakit, ia akan memutuskan reaksi berantai radikal bebas sehingga menyelamatkan sel tubuh dari kerusakan, sumber antiosidan yang cukup potensial adalah provitamin A, Vitamin C, seng, selenium dan karotenoid.
  5. Bromelin
  6. Bromelin adalah enzim yang dihasilkan nanas, serangan rematik menyebabkan sendi meradang dan sakit yang begitu hebat, disinilah bromelin bekerja ia mempunyai sifat antiradang.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang manfaat buah dan sayur untuk penderita rematik, semoga bermanfaat dan masalah rematik yang sedang anda alami akan segera sembuh. "Salam sehat"
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!