Khasiat temu kunci

Khasiat temu kunci - Temu kunci (Curcuma xanathorriza Roxb) adalah jenis tanaman semak liar tahunan, tingginya mencapai sekitar 30 cm. Batangnya tersusun dari pelepah-pelepah daun yang terpadu. Dengan daun berbentuk bulat dan menjorong keujung dan kepangkal, dengan permukaan daun yang licin dibagian bawahnya, berwarna hijau dan tidak berbulu. Tulang daun nya besar serta berlapis-lapis seperti semburan cahaya matahari, ukuran daun nya (lebar) 4,5-10 cm dan panjangnya 32-38 cm, Jumlah daunnya pertanaman sekitar 4-5 helai daun. Bentuk bunganya seperti tabung tegak dengan ujung melengkung, bentuk tangkai bunganya pendek sehingga kelihatan seperti duduk, panjang mahkota bunga temu kunci sekitar 5 cm dan bunganya memiliki warna putih agak merah jambu atau pucat. Rimpang temu kunci tumbuh mendatar serta beruas-ruas, dengan akar berair, tebal, gemuk dan bentuknya seperti cacing.
Jenis tanaman temu kunci tersebar didaratan Asia, mulai dari Myanmar, Konkan, Andaman, Malaysia, hingga keindonesia khususnya kepulauan Jawa. Awal kemunculannya tanaman temu kunci banyak tumbuh liar dihutan jati, kepulauan jawa, Temu kunci sangat cocok ditanam ditanah liat dan mampu tumbuh dengan subur.
khasiat temu kunci
Dalam hal membudidayakan tanaman temu kunci melalui mata tunas, untuk tanaman temu kunci yang sudah tua akan memiliki satu mata tunas paling tidaknya. Cara membudidayakannya ambil tunas rimpangnya dan pisahkan dari induknya yang terdapat akar, dan dipisahkan dari induknya.
Temu kunci merupakan jenis tanaman herbal, ini tentunya karena khasiat dan kandungan kimia yang terdapat didalam tanaman tersebut diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang diderita, secara kimia temu kunci banyak mengandung minyak asiri seperti sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin dan pati.
Untuk beberapa daerah dan bahasa, temu kunci memiliki mana yang berbeda-beda seperti bahasa ilmuannya Curcuma xanthorriza Roxb, temu besar bahasa melayu, koneng gede atau temu raya untuk bahasa sunda dan labak untuk bahasa madura.
Khasiat temu kunci secara turun temurun (keyakinan nenek moyang) sangat banyak sekali, terutama untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengobati sariawan, cara mengunakannya juga cukup mudah dan sangat tradisional anda cukup mengambil rimpang temu kunci dikunyak kemudian ditelan (dimakan), tindakan tersebut juga diyakini mempu mengobati batuk kering.
Untuk mengobati sariawan tersebut tentunya bukan hanya satu-satunya dari khasiat temu kunci dan masih banyak yang lainnya seperti, sulit kencing, perut kembung pada anak-anak, kurap, cacingan dan masih banyak lagi khasiat-khasiat yang lain dari temu kunci tersebut.