Cara membuat jus yang enak dan sehat

cara membuat jus yang enak dan sehat

Cara membuat jus yang enak dan sehat - Khasiat daun alami - Membuat sendiri jus buah atau jus sayur yang enak dan berkhasiat pada dasarnya tidaklah terlalu sulit, namun demikian cara membuat jus buah atau sayur yang enak butuh pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Ini terutama untuk jenis jus sayuran, karena jika proses pembuatannya tidak sempurana dapat membuat jus yang kita buat memiliki rasa yang aneh, sehingga tidak nikmat untuk diminum. Jika anda mengalami hal tersebut haruslah menambahkan sirup atau gula paris agar menjadi lebih nikmat.
Sedikit saran, dalam pembuatan jus hindari menambahkan sirup, susu kental manis atau gula paris, karena tambahan bahan tersebut hanya akan mengurangi efek khasiat dari jus sehat yang kita buat. Dalam pencernaan kita, gula pasir akan merusak zat-zat gizi bermanfaat, sehingga zat gizi tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara optimal, selain dari itu kandungan gula pasir didalam jus yang kaya akan vitamin C justru akan menyisihkan peran vitamin C sebagai pengendali kekebalan tubuh.
Untuk membuat jus dengan rasa yang lebih nikmat dan membuat kita ingin segera meminumnya, terutama untuk jenis jus sayuran ada banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk pemantap cita rasanya. Baca lebih lanjut anda pasti akan mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang cara membuat jus yang enak dan sehat.
  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan
    Sebelum membuat jus yang sehat dan enak sebaiknya peralatan dasar yang butuhkan harus ada, diantaranya adalah talena, pengupas buah khusus (peeler) pisau dapur, pemerah jus, serta juice extractor dan blender.
    Untuk talenan dapat dari jenis bahan plastik atau kayu, jika anda menggunakan talena kayu sebaiknya gunakan talenan yang permukaannya mulus, ini bertujuan agar lebih mudah dibersihkan setelah kita gunakan, untuk pisau dapur sebaiknya kita gunakan jenis pisau anti karat (stainless), ini bertujuan untuk menghambat proses pencoklatan dan kerusakan gizi sayur atau buahan (oksidasi) yang akan kita buah jus tersebut.
    Peeler akan kita gunakan bila kita mengupas misalnya wortel, kecuali untuk buah-buahan organik, karena buah-buahan atau sayuran organik tidak perlu kita kupas, dapat langsung kita proses dalam juice extractor ataupun blender. Khusus untuk pemerah jeruk ada beberapa jenis, ada yang otomatis dan ada yang manual, sehigga baca cara pengunaannya sebelum kita gunakan.
    Juice extractor adalah suatu alat untuk mengekstrak buah dan sayuran yang dapat memisahkan sari buah atau sayuran dari ampasnya, hasilnya adalah berupa jus murni tampa serta, sebagai sedikit tambahan sebenarnya jus yang dibuat mengunakan juice extractor masih mengandung serat (pektin) namun serat yang kasat mata dan tidak terasa dimulut kita. Untuk kemampuan alat ini tergantung dari kecanggihan alat ini bekerja, untuk juice extractor berkekuatan tinggi mampu membuat jus lebih banyak, dibandingkan dengan yang biasa, bahkan untuk saat ini ada juice extractor yang mempu menghasilkan ampas dalam jumlah sedikit dan ampas sisanya benar-benar kering.
    Blender adalah suatu alat penghancur bahan-bahan berkekuatan tinggi, hasilnya adalah berupa jus dengan serat, kecuali untuk jenis buah-buahan dan sayuran yang berkadar air tinggi, contohnya melon, semangka, mentimun dan sayuran lainnya membutuhkan air, sebaiknya gunakan air masak untuk membuat jus.
  2. Gunakan bahan organik
    Untuk membuat jus sebaiknya gunakan bahan organik, ini memang relatif lebih mahal, seandainya tidak cobalah untuk mencari buah-buahan atau sayuran yang bebas peptisida, sebenarnya jika kita siasati banyak pilihan buah-buahan dan sayuran organik atau bebas peptisida dengan harga lebih murah dibandingka dengan harga buah-buahan atau sayur yang berlabel organik, yaitu buahan-buahan atau sayuran yang ditanaman yang tinggi atau yang ditanaman dengan cara tradisional, karena jenis tanaman ini pada umumnya kurang terjamah peptisida atau pemupupukan intensif. Untuk jaman sekarang hidup ditengah sistem pertanian yang intensif dan sistem perdagangan yang komersial memang membutuhkan keterampilan tersendiri untuk mendapatkan asupan buah-buahan dan sayuran yang terbaik untuk tubuh kita.
  3. Sebaiknya dikupas apa tidak
    Mengupas atau tidaknya buah-buahan atau sayuran yang akan kita buah jus tergantung dari jenis jus yang akan kita buah, misalnya untuk jus apel dan wortel mengupas kulitnya akan mengurangi banyak serat dan zat pektinnya, kedua zat tersebut tersebut sangat bermanfaat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita, mengatasi kadar lemak darah (kolestrol dan trigliserida) berlebihan, memperkecil resiko kangker, menurunkan resiko kegemukan. Sebaliknya bila tidak dikupas peptisida dan lilin pengawet yang lazim diberikan untuk melapisi buah seperti buah impor akan ikut termakan.
    Untuk jenis buah-buahan dan sayuran organik yang kulitnya dapat dimakan sebaiknya tidak perlu kita kupas. Namun untuk jenis sayuran atau buahan yang bukan organik sebaiknya dikupas, untuk sebagaina orang ada yang hanya mencuci dengan sabun khusus tampa diterjen dan membilasnya cukup lama dibawah air yang mengalir atau air hangat, cara ini sebenarnya cukup membantu untuk mengurangi peptisida dan lilin pengawet dipermukaan kulit luar, tapi tidak membuang peptisida yang meresap dan bertumpuk dibawah kulit.
    Untuk jenis sayuran yang akan kita buat jus sebaiknya dicuci dahulu sebelum dipotong-potong, ini bertujuan agar tidak banyak nutrisi larut air yang terbuang pada saat pencucian, untuk hasil yang lebih baik pada saat pembilasan terakhir bilaslah diair yang dibubuhi cuka aple dengan volume satu sendok makan cuka apel untuk dua sampai tiga liter air.
    Sebelum dimasukkan kedalam blender atau juice extractor sebaiknya buah atau sayuran dipotong-potong terlebih dahulu, kecuali untuk jenis blender atau juice etractor berkekuatan tinggi, jadi sebaiknya baca dahulu cara penguanan alat-alat tersebut sebelum digunakan.
    Untuk mendapatkan manfaat serat kasar yang terbuang ketika jus diproses di juice extractor, campurlah 1 sendok makan ampas kedalam gelas jus, cara ini dapat melipat gandakan khasiat jus buah atau sayuran, tampa harus menganggu tektur seratnya.
  4. Buatlah jus sesuai kebutuhan
    Jus yang baik dan sehat sebaiknya dibuat seketika dan langsung diminum, menyimpan jus dalam wadah kedap udara atau dilemir es, dalam waktu yang lama akan mengurangi kandungan enzim dan fitonutrisinya. Dengan demikian kita tidak akan mendapatkan manfaat terapeutik yang optimal dari jus sehat yang kita buat.
    Enzim dan fitonutrisi dalam jus sayuran dan buah-buahan sangat mudah rusak oleh udara (teroksidasi). Menyimpan 10-20 menit setelah jus dibuat jus sudah kehilangan 40-60% kandungan enzim dan titronutrisinya, ini tergantung dari cara menyimpan dan kondisi suhunya.
    Untuk mendapatkan manfaat terbaik nutrisi buah jus buah disarankan diminum saat perut kosong, misalnya pada pagi hari ketika bangun tidur atau sebagai minuman sore. Sehabis minum jus buah sebaiknya tidak segera makan, atau setidaknya tunggu sampai 15-30 menit. Jika minum jus buah lalu disusul dengan makan akan mengakibatkan gula dalam jus buah akan memfermentasi nutrisi makanan, sehingga nutrisi didalam jus buah maupun makanan tidak bermanfaat baik bagi tubuh. Sedangkan untuk jus sayuran boleh berdekatan waktunya atau bisa saja bersamaan dengan dengan waktu makan, atau dapat juga dijadikan sebagai air putih pengganti air, jus sayur juga dapat diminum saat menjelang tidur atau lambung berisi makanan, dan sebaiknya jus sayur tidak dimimun pada pagi hari tampa disertai makan, hanya meminum jus sayur pada pagi hari akan membuat gula darah turun, sehingga tubuh akan lemah dan pusing, karena jus sayur sedikit mengandung gula.
    Sebagai sedikit tambahan meminum jus buah atau jus sayur tidak langsung ditenggak langsung habis, melainkkan diminum dengan cara sedikit-sedikit, kira-kira sebatas separuh volume mulut, kemudian jus ditahan sebentar dimulut, sambil merasakan jus tersebut, jus yang tercampur dengan air liur kita setelah diminum turun kekerongkongan, dan seterusnya. Air liur mengandung enzime ptialin yang tercampur dengan jus akan membantu fungsi pencernaan kita, sehingga nutiris dalam jus dapat diserap dengan sempurna, meminum jus dengan cara tersebut juga mampu menghindari dari kembung dan mulis.
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun alami kali ini tentang cara membuat jus yang enak dan sehat,Jangan lupa baca juga tentang cara membuat jus kulit manggis. Semoga bermanfaat