Khasiat dan manfaat buah delima

khasiat dan manfaat buah delima
Khasiat dan manfaat buah delima - Buah delima (punica granatum) merupakan buah-buahan yang mampu tumbuh hingga 5-8m, menurut beberapa sumber (http://id.wikipedia.org/wiki/Delima) buah delima berasal dari Irak. Namun telah lama dikembangbiakkan didaerah Mediterania.
Buah delima biasanya dikonsumsi secara langsung, namun demikian buah delima juga dapat diolah misalnya dibuat jus, buah delima selain memiliki rasa yang manis asem enak juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.
Kandungan buah delima
Kulit buah delima mengandung asam tanik atau tannic acid, asam ini merupakan unsur pengontrol dan unsur ini juga terdapat didalam buah delima.
Disamping unsur pengontrol tersebut buah delima juga mengandung air, gula mentol dan jenis gula lainnya. Selain itu buah delima juga kaya unsur besi.
Kandungan gizi buah delima
Air buah delima kaya akan unsur-unsur gula dan unsur besi. Kedua unsur ini merupakan sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah delima sangat bermanfaat bagi kita yang mengalami kekurangan darah merah atau anemia.
Manfaat buah delima ditinjau dari ilmu kedokteran
Buah delima banyak mengandung unsur asam tanik dan berfungsi sebagai pengontrol, sehingga menyebabkan buah delima sangat bermanfaat untuk beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kulit buah delima bisa digunakan untuk mengobati diare dan ambeien
  2. Air buah delima dapat digunakan untuk menyembuhkan pilek atau menghilangkan penyumbatan pada hidung, misalnya saat kita demam
  3. Adapun gilnar adalah bunga buah delima juga mempunyai manfaat. Apa bila didihkan dapat untuk mengobati gusi.
Khasiat dan manfaat buah delima bukan hanya dari buah dan bunganya saja melainkan akar buah delima juga dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan cacing pita cara pengolahnya : Ambil akan buah delima 60 gram kemudian cuci bersih dan potong-potong kemudia rebus dengan volume air satu liter selama ¼ jam, lalu minum air ramuan tersebut setiap hari, untuk perawatan menghilangkan cacing pita sebaiknya dibarengi dengan minum pencahar.
Buah delima sangat baik untuk pencernaan dan dapat menguatkannya. Bermanfaat untuk tenggorokan, dada, paru-paru dan sangat baik untuk mengobati batu dan memperlancar buang air kecil, menghilangkan panas pada hati, dan rasa asamnya bermanfaat untuk radang pencernaan. Selain sebagai obat dalam buah delima juga dapat kita gunakan untuk obat luar. Ambil isi daging buah delima kemudian dimasak sebentar bersama dengan madu, ini dapat digunakan sebagai obat gosok, celak untuk mata yang kuning, menghilangkan kelembaban yang berlebihan, dan bila ramuan tersebut dioleskan pada gusi dapat membersihkannya. Buah delima juga pada digunakan untuk mengobati luka disekitar kuku atau kuku yang bernanah.