-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Rabu, 14 Mei 2014

Khasiat dan manfaat bunga matahari

Khasiat bunga mataharikhasiat dan alami - Bunga matahari (Helianthus Annuus Linn) adalah termasuk dari keluarga Composite, merupakan tanaman, berumur pendek, kurang lebih dari satu tahun.
Bunga matahari, yang biasanya ditanam dihalaman rumah sebagai tanaman hias yang memerlukan pasokan sinar matahari cukup, bunga matahari termasuk tanaman berbatang basah, daun tunggal, berbentuk jantung dan berbunga besar, dengan mahkota berbentuk pita disepanjang tepi cawan, berwarna kuning serta ditengahnya terdapat bunga-bunga kecil berbentuk tabung berwarna coklat.
khasiat bunga matahari
Bunga matahari, yang awalnya hanya dijadikan sebagai tanaman hias ternyata juga memiliki khasiat yang bagus, terutamanya untuk kesehatan, khasiat bunga matahari ternyata sangat banyak sekali, baik itu penyakit khusus wanita atau pria.
Berikut ini adalah beberapa khasiat bunga matahari, untuk kesehatan serta cara mengolahnya :
  1. Obat disentri
    Ambil biji bunga matahari 30 gram, seduh dengan air panas satu gelas. Kemudian diamkan selama 1 jam. Angkat tambahkan gula batu secukupnya, lalu minum.
  2. Obat Radang payudara
    Ambil kepala bunga matahari (tanpa biji), Potong halus-halus, kemudain dijemur. Setelah kering sangrai sampai hangus. Selanjutnya giling sampai menjadi serbuk tepung. Minum tiga kali sehari. Setiap kali minum 10-15 gram seduh denga air panas dan gula. Saat minum yang pertama harus berkeringat.
  3. Obat rheumatik
    Ambil bunga matahari secukupnya, potong-potong seperlunya, selanjutnya rebus sampai menjadi kanji. Cara mengunakannya tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang sakit.
  4. Obat sakit kepala
    Siapkan bahan ramuan berikut ini
    • Bunga matahari 25-30 gram
    • Telur ayam kampung 1 butir
    • Air putih 3 gelas
    Cara mengolah dan mengkonsumsinya : Kesemua bahan ramuan dijadikan satu, kemudian kita rebus hingga airnya berkurang menjadi ½ gelas. Minum sesudah makan dua kali sehari.
Sumsum dari batang bunga matahari dan dasar bunga matahari berisi hemicellulose, yang menghambat sarcoma 180 dan ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak dari sumsum dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna.
Demikianlah pembahasan khasiat daun sirih kali ini tentang khasiat bunga matahari untuk kesehatan, yang dapat kita manfaatkan, semoga dengan pembahasan ini bermanfaat dan sekit yang sedang anda derita cepat sembuh.
NB : Wanita hamil dilarang minum ramuan ini ...!!!!
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!