-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Sabtu, 16 Juli 2016

Khasiat dan manfaat jambu monyet

Khasiat jambu monyet – Jambu monyet (Anarcardium Occidentale, Linn) adalah termasuk tumbuhan dari keluarga Anacardiacea, tumbuhan berkeping dua atau tiga, jamu monyet juga disebut tumbuhan berbiji belah, memiliki batang yang tidak rata berwarna coklat tua, daun bertangkai pendek dan berbentuk lonjong (bulat telur) dengan tepiak berlekuk-lekuk, dan guratan rangka daunnya terlihat jelas, sedangkan bunganya berwarna putih dan buah yang membesar berdaging lunak, berair dan berwarna kuning kemerah-merahan berbuah semu. Jambu monyet juga biasanya disebut dengan jambu mete atau mante.
Jambu monyet umumnya dikonsumsi secara langsung, namun juga kini tidak jarang yang mengkonsumsi jambu monyet dengan cara diolahnya terlebih dahulu, seperti dibuat rujak ataupun jus, secara kimia jambu monyet mengandung tanim, anacardic acid dan cardol. Sedangkan untuk jambu monyet yang masih muda mempunyai kandungan per 100 gramnya :
  1. Vitamin A 2689 SI
  2. Vitamin C 65 gram
  3. Kalori 73 gram
  4. Protein 4,6 gram
  5. Lemak 0,5 gram
  6. Hidrat arang 16,3 gram
  7. Kalsium 33 miligram dan
  8. Fosfor 64 mg
Dari kandungan kimia yang terkandung didalam buah jambu monyet inilah yang menyebabkan jambu monyet menjadi salah satu buah herbal, ini karena khasiat jambu monyet diyakini mampu untuk mengobati berbagai penyakit yang sedang kita derita.
Berikut ini adalah beberapa khasiat jambu monyet untuk menyembuhkan sakit diabetes mellitus dan disentri serta cara mengolahnya.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!