-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 24 Februari 2015

Khasiat dan manfaat wortel

Khasiat dan manfaat wortel - khasiat daun alami - Wortel (Daucus Carota, Linn) termasuk dari keluarga Apiaceae, tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun, terutama untuk daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut.
Wortel merupakan tumbuhan semusim yang membutuhkan sinar matahari yang cukup, memiliki batang daun basah berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar) mirip daun seledri, tanaman wortel sangat cocok ditanam ditanah yang gembur.

Khasiat wortel
Gambar : Wortel

Wortel bukan hanya dapat kita manfaatkan untuk sayuran dan jus melainkan wortel juga dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, khasiat wortel dibidang kesehatan sungguh sangat banyak, ini karena kandungan kimia dan gizi yang terdapat didalam wortel tersebut.
Wortel kaya akan Vitamin A mencapai 12.000 SI sehingga wortel saat bagus untuk kesehatan mata, selain dari itu wortel juga mengandung kalori, protein, lemak, hidrad arang, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin B1, dan Vitamin C, sehingga tak mengherankan kalau khasiat wortel menjadi sangat banyak.
Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat wortel untuk kesehatan serta cara mengolah untuk mendapatkan khasiatnya :
  1. Cacingan Kremi
  2. Ambil 5-7 garam dan santan kelapa secukupnya, wortel kita cuci sampai bersih, kita parut kemudian tambahkan dengan bahan yang lainnya, peras dan saring ambil airnya. Minum menjelang tidur malam
  3. Eksim
  4. Siapkan 1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapus sirih, wortel kita parut sampai lumat, kemudian campurkan dengan kapur sirih aduk sampai rata, tempelkan pada bagian yang sakit, balut dengan perban.
  5. Mata Minus
  6. Siapkan umbi wortel secukupnya, buat jus wortel tersebut dengan cara diblender atau diparut, minum jus wortel tersebut setiap hari secara teratur, selain dibuat jus, wortel juga dapat dimakan langsung setiap hari (kondisi mentah).
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun alami kali ini tentang khasiat dan manfaat wortel yang bagus untuk kesehatan, semoga pembahasan khasiat wortel akan menambah pengetahuan kita akan tumbuhan kesehatan.
NB : Untuk anda yang muslim sebaiknya membaca Basmallah sebelum memanfaatkan wortel
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!