-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Rabu, 08 Januari 2014

Cara alami mengatasi mimisan dan penyebabnya

Cara alami mengatasi mimisan dan penyebabnya – Mimisan (epistaksin) adalah suatu keadaan dimana darah segar keluar dari lubang hidung, yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, mimisan terjadi saat mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil lepas.
Cara mengatasi mimisan dan penyebabnya
Mimisan juga dapat disebabkan karena kondisi cuaca, dan ini sering dialami oleh anak-anak, remaja maupun orang tua, kondisi cuaca panas yang terlalu panas dapat menyebabkan pembuluh darah halus menjadi kering dan terlepas sehingga menyebabkan mimisan terjadi, selain dari itu penyebab lain terjadinya karena benturan keras dikepala seperti karena kecelakaan, dipukul atau terjatuh juga dapat menyebabkan terjadinya mimisan, mimisan yang terjadi tentu harus segera ditolong supaya tidak menyebabkan penyakit lain timbul. Mimisan juga dapat terjadi karena benturan yang terlalu keras dihidung, bersin yang terjadi secara terus menerus, membuang ingus terlalu kuat dan juga dapat disebabkan karena tumor.
Berikut ini adalah beberapa cara alami mengatasi mimisan yang dapat anda jadikan sebagai pertolongan pertama bila anda atau orang disekitar anda mengalami mimisan, yaitu :
  1. Cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mimisan yaitu dapat juga dilakukan dengan cara tradisinolan yaitu dengan menyumpal hidung dengan daun sirih atau daun senduduk.
  2. Sebuah opini medis mengatakan bahwa ketika terjadi pendarahan, lebih baik jika posisi kepala dimiringkan ke depan (posisi duduk) untuk mengalirkan darah dan mencegahnya masuk ke kerongkongan dan lambung.
  3. Mimisan ringan juga dapat dilakukan pertolongan dengan cara memencet hidung bagian depan, selama kurang lebih tiga menit. Dan selama itu melakukan pernafasan dari mulut. Umumnya untuk peradangan ringan dapat berhenti, lakukan berulang, jika pertolongan pertama ini tidak berhenti sebaiknya hubungi dokter untuk meminta bantuan
  4. Untuk pendarahan hidung yang kronis yang disebabkan keringnya mukosa hidung, biasanya dicegah dengan menyemprotkan salin pada hidung hingga tiga kali sehari.
  5. Kematian akibat pendarahan hidung adalah sesuatu yang jarang. Namun, jika disebabkan kerusakan pada arteri maksillaris dapat mengakibatkan pendarahan hebat melalui hidung dan sulit untuk disembuhkan. Tindakan pemberian tekanan, vasokonstriktor kurang efektif. Dimungkinkan penyembuhan struktur arteri maksillaris (yang dapat merusak saraf wajah) adalah solusi satu-satunya.
Inilah beberapa cara mengatasi mimisan dan penyebabnya yang dapat kita praktekkan untuk memberikan pertolongan pertama bagi yang mengalami mimisan, supaya mimisan yang sedang dialami tidak berakibat fatal.
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Hidung_berdarah
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!